Tahap Pertama Seminar Internal Interpreneurship Class “1”

 
 
Bertempat di gedung Fakultas Syariah lantai tiga di ruang rapat pada Jumat (23/03). Seminar yang diikuti oleh anggota dan pengurus UKK Kopma Iain Surakarta ini menghadirkan pembicara yang luar biasa, antara lain : Bapak Krisbowo selaku pembina UKK Kopma Iain Surakarta, Bapak Mediyanto Spd.i dan Bapak Aizul Maula, M.Ag. Mengambil tema Enterpreneurship Class “1” dan bertajuk Tantangan dan Peluang Kewirausahaan Pada Era Digital. Acara ini diharapkan bisa memotifasi minat anggota UKK Kopma dalam berwirausaha khususnya di era yang serba digital ini.
Diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Unggul Imam Rojul selaku ketua umum UKK Kopma Iain Surakarta, Riski Diana selaku ketua penyelenggara Seminar Interpreneurship. Riski Diana berharap semoga dengan diadakan rangkaian seminar ini  menjadikan anggota kopma lebih peka dalam menghadapi dunia kewirausahaan di era digital dengan alasan banyaknya anggota kopma yang kurang sadar pentingnya membuat inovasi produk tanpa harus selalu membeli produk lain dan kurangnya memanfaatkan teknologi yang ada sehingga mereka tidak menjadi kaum terbelakang.
 Bapak Krisbowo selaku pemateri mengawali acara kali ini dengan bacaan basmallah diikuti oleh seluruh peserta seminar. Bacaan basmallah yang sangat sakral tersebut mengantarkan acara pada tahap yang lebih jauh dengan diiringi riuh tepuk tangan peserta seminar, Selanjutnya pembawa acara (Muflikha) memanggil Abdul Wahid selaku moderator terpilih untuk memimpin jalannya acara. Tanpa basa-basi moderator yang dipanggil, langsung menjelaskan tentang siapa saja yang menjadi pembicara di acara tersebut. Dan menghimbau agar peserta seminar lebih fokus dalam memperhatikan acara tersebut dengan harapan agar ilmu yang disampaikan pembicara lebih mengena, selain itu  seminar ini tanpa dipungut biaya.
Bapak Aizul Maula,M.Ag selaku pembicara pertama menyampaikan bahwa modal kuat yang dibutuhkan dalam memulai sebuah usaha itu dengan kemauan yang didasari niat dalam diri sendiri kemudian dengan kemauan tersebut akan memunculkan kemampuan untuk berwirausaha. Dalam berwirausaha itu boleh, asalkan jangan lupa dengan akhirat. Bisa dikatakan bahwa berwirausaha itu tak hanya urusan kita dengan dunia tapi juga urusan kita dengan Allah SWT, Tuhan  semesta alam yang memberikan kita rizki. Kemudian Bapak Mediyanto selaku pembicara setelahnya menambahkan “Ketika kita mau memulai usaha kita harus berani gagal dan harus mempunyai kemauan yang tinggi. Ketika anda punya mimpi, ide-ide itu harus direalisasikan.

Dipenghujung acara, Bapak Krisbowo yang juga sebagai pembina Kopma menyampaikan “sukses itu bukan dilihat dari seberapa besar hambatan yang kita hadapi tetapi sukses itu dilihat dari seberapa tinggi pencapaiannya dan seberapa mudah kita untuk mencapainya” . Kemudian beliau juga mengutip salah satu ayat dalam alquran (Al-Ghaafir-60) yang berbunyi “Dan tuhanmu berfirman berdoalah kepada-ku niscaya akan kuperkenankan bagimu". Acara selanjutnya yaitu, sesi tanya jawab yang dipimpin oleh moderator. Setelah serangkaian seminar Interpreneurship  dilaksanakan, teriakan dari para seminar yang tak lain adalah anggota UKK Kopma Iain Surakarta lantang terdengar meneriakkan "Bravo Kopma" sebagai Jargon wajibnya.
( Idris Purnomo|Kopmedia )



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAPAT ANGGOTA LUAR BIASA

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Talkshow Kewirausahaan "Spirit of Global of Young Entrepreneur"