Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV


DIKSARKOP adalah pendidikan dasar bagi anggota baru Koperasi “Kopma IAIN Surakarta” yang biasanya dilaksanakan setelah penerimaan mahasiswa baru dan OSPEK. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Koperasi dan Kopma IAIN Surakarta kepada anggota baru agar mereka dapat memahami dan mengerti apa sebenarnya yang dimaksud dengan Koperasi itu. Hasil yang diharapkan adalah para anggota baru dapat memposisikan dirinya sebagaimana mestinya di Kopma IAIN Surakarta.

Hari pertama Pendidikan Dasar Kopma IAIN Surakarta yang ke-XV ini dilaksanakan pada hari Jum'at 17 Oktober 2014 bertempat di Ruang Sidang Utama Pasca Sarjana IAIN Surakarta. DIKSARKOP hari pertama dibuka oleh sambutan dari Ketua Umum Kopma IAIN Surakarta, Lutvi Arzaid. Kemudian secara resmi dibuka oleh Pembina Kopma yaitu Bp. Asyik Nahroni, S.Ag. Dilanjutkan dengan materi pertama tentang Keorganisasian yang disampaikan oleh ketua umum dari Kopma UNS, Ahmad Mursid.


Setelah materi pertama selesai, para peserta dibagi menjadi 14 kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh Instruktur Pendamping. Para peserta dikumpulkan untuk diberi pengarahan dan untuk mempersiapkan kegiatan DIKSAR hari selanjutnya yang akan diadakan di Segoro Gunung, Ngargoyoso, Karanganyar.

Pada hari yang kedua tepatnya 18 Oktober 2014, pukul 06.00 setiap peserta dikumpulkan dan langsung diarahkan untuk mempersiapkan diri untuk pemberangkatan ke lokasi DIKSAR di Segoro Gunung, Karanganyar. Setelah tiba di lokasi DIKSAR, peserta langsung diarhkan untuk meletakkan barang bawaan mereka ke ruangan yang telah disediakan panitia.




Agenda selanjutnya yaitu materi kedua tentang Kepemimpinan yang disampaikan oleh salah satu alumni Kopma yaitu Ali Basyah. Setelah materi kedua selesai, tepat pukul 2 siang dilanjutkan oleh materi ketiga tentang Kewirausahaan yang disampaikan oleh ketua bidang usaha Kopma yaitu Muchammad Ridwan yang dibantu oleh beberapa rekan-rekan Kopma.
Malam harinya kegiatan dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni dari setiap kelompok peserta DIKSAR. Banyak pertunjukkan dan aksi menarik serta menghibur yang ditunjukkan oleh para peserta. Kegiatan berakhir pukul 12 malam, kemudian dilanjutkan dengan berbaring diatas dunia kapuk.

Pada hari yang ketiga tepatnya 19 Oktober 2014, hari terakhir bagi para peserta mengikuti DIKSAR yang diisi dengan kegiatan olah raga yang dilanjutkan dengan Outbond. Para peserta begitu antusias mengikuti Outbond ini, pasalnya rute yang dilalui begitu menantang sekaligus menyenangkan. Para peserta harus melewati indahnya perbukitan terjal Segoro Gunung yang dihiasi pemandangan gunung Lawu sebagai backgroundnya. Outbond berakhir disalah satu objek wisata terkenal di Segoro Gunung yaitu air terjun Parang Ijo.






Adapun jajaran panitia DIKSARKOP ke-XV sebagai berikut :

v Ketua Panitia : Muhammad Iqbal

v Sekretaris : Dini Febriyani, Pera Tri Astuti

v Bendahara : Uly Salimah, Irma Dwi Wijayanti

v Acara : Hanifah Rifqi, Syahmanul Farisin

v Perlengkapan : Helmy Zakariya

v Dokumentasi : Yunita Rachmawati

v Konsumsi : Tri Astuti, Meika Yuanita

Dengan peserta yang bisa dibilang terbanyak dalam sejarah perkerutan Kopma IAIN yaitu 140 peserta, dalam menyelenggarakan kegiatan DIKSARKOP ini bukanlah hal yang terbilang mudah. Banyak halangan yang menghadang mulai dari miss-communication dan kurangnya koordinasi antar panitia sebelum hari-H, pengajuan proposal yang ditolak, perizinan, jumlah peserta yang jauh melebihi perkiraan, dan lain sebagainya. Namun alhamdulilah dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT teman-teman panitia dapat mengatasinya dengan belajar dari pengalaman dan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan sebelum hari-H. Panitia memperbaiki cara komunikasinya dan saling melebur pada kegiatan DIKSARKOP ini.

Komentar

  1. ๐Ÿ˜Ž Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak ๐Ÿ˜Ž
    .
    Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
    .
    Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo

    Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
    .
    "Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
    .
    Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
    .
    Kaos Dakwah Terbaru
    Testimoni di Instagram: #gootickapparel
    .
    Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Fashion

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

DIKMENKOP JATENG-DIY