DIKMENKOP JATENG-DIY



Pendidikan Menengah Koperasi KOPMA IAIN Surakarta
Koperasi Mahasiswa (KOPMA) mengadakan acara perdana yaitu Pendidikan Menengah Koperasi atau yang dikenal sebagai Dikmenkop IAIN Surakarta se Jateng-DIY. Dikmenkop perdana tersebut dilaksanakan pada tanggal 21-23 April 2016 di Gedung Pasca lantai 4 IAIN Surakarta dan Wisma Pertanian Tawangmangu, Karanganyar dengan tema Mewujudkan Pemuda Koperasi yang Berdikari dan Inovatif. Alasan mengapa membentuk tema tersebut yaitu agar kita setelah dikmenkop ini membentuk kaderisasi yang berdiri dikaki sendiri atau mendari serta berinovasi. Acara perdana ini dihadiri sekitar 90 peserta anggota Kopma yang terdiri dari kopma IAIN Surakarta dan beberapa delegasi dari Kopma se Jateng-DIY yaitu Kopma Universitas Muhamadiyah Surakarta, Kopma Universitas Sebelas Maret, Kopma Unversitas PGRI Semarang, Kopma UIN Walisongo Semarang, Kopma Fatawa IAIN Salatiga, Kopma Universitas Negeri Yogyakarta, Kopma Lebah Universitas Muhamadiyah Purwokerto, Kopma KSM Purwokerto, dan Kopma Universitas Muhamadiyah Magelang.
Dari kopma untuk bangsa. Itulah jargon Dikmenkop IAIN Surakarta. Jargon itulah yang sering ditampilkan dalam acara tersebut. Penyambutan acara dikmenkop tersebut yaitu oleh Abdul Wahid selaku Ketua Umum Kopma IAIN Surakarta, kemudian ibu Dra. Waryunah dan Ibu Irmawati, M.Hum selaku Pembina Kopma IAIN Surakarta, dan bapak Dr. Samsul Bakri. M.Ag selaku Wakil Rektor I IAIN Surakarta.

Acara tersebut juga menghadirkan 5 pembicara dengan 5 pemateri yang luar biasa. Materi pertama disampaikan oleh Saudara Ryo Juara yang berjudul Negosiasi dan Lobbying. Mantan putra solo yang sekarang menjabat sebagai ketua JCI tersebut menyampaikan bahwa kopma itu memerlukan negosiasi karena sumber daya terbatas dan diperlukan proses kerjasama yang saling mempengaruhi dan menguntungkan. Materi kedua disampaikan oleh Bp. Syarif Hidayatullah, M.Ud di Gedung Pasca yang berjudul Team Building. Beliau yang menjabat sebagai Sekjen HGKNPI yang bermotto “Kerja Ikhlas, Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja sampai Tuntas” mengartikan bahwa Team Building adalah kumpulan orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama-sama dengan jujur, yakin, dan tanggung jawab. 

Materi ketiga disampaikan oleh Bp. Muhammad Arsyad Dalimunte, SE.Ak yang berjudul Ideologi Koperasi Lanjutan. Beliau yang menjabat sebagai ketua Kopindo tersebut mengatakan bahwa sebagai sebuah ideologi berbasis kumpulan orang, gagasan-gagasan yang diimplementasikan dalam koperasi harus mereferensi pada jati diri koperasi sehingga karya-karya yang melekat spirit dan semangat yang berbeda nyata dengan pelaku ekonomi lainnya. Materi keempat disampaikan oleh Saudara Firdaus Putra  yang berjudul Koperasi dan Ekopolsosbud. Beliau yang menjabat sebagai Direktur Kopikun Institute menyatakan bahwa hanya 1 dari 1000 orang yang suka membaca. Beliau juga menyatakan bahwa dikmenkop itu bukan untuk didoktrin melainkan untuk menalar. Dan materi terakhir disampaikan oleh Bp. Taufiq Wijaya, S.H.I, M.Si yang berjudul Strategi Bisnis Koperasi. Dalam acara seminar tersebut para anggota dikmenkop sangat berantusias untuk ikut serta berdiskusi dengan baik. Kenyataanya para anggota dikmenkop juga aktif dalam kegiatan tanya jawab.

Dikmenkop tidak hanya mengadakan acara seminar diskusi, dikmenkop juga mempunyai acara innagurasi yang melibatkan anggota dikmenkop untuk dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian antar kelompok saling menampilkan pentas seni. Selanjutnya acara dikmenkop yaitu  kegiatan outdoor yaitu outbond dan jalan-jalan ke objek wisata Tawangmangu yaitu grojogan sewu. Kemudian acara dikmenkop ditutup dengan penutupan dari Azka Salsabila selaku ketua panitia dan Abdul Wahid selaku ketua kopma IAIN Surakarta.


Semoga DIKMENKOP ini menjadi agenda rutinan KOPMA IAIN Surakarta... 
Bravo Kopma!!!

(Fifik|Kopmedia)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

Milad "Wolulasan" Koperasi Mahasiswa IAIN Surakarta