Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Launching-kan “Go Green Campus” IAIN Surakarta




Oleh Mokhammad Fadhil Musyafa’
Sejarah Peradaban Islam IAIN Surakarta




Hari Sabtu, 10 Februari 2018. Kampus IAIN Surakarta didatangi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta rombongannya. Adapun maksud dari kedatangan beliau ialah untuk me-launching-kan kegiatan penanaman seribu pohon atau istilah kerennya ialah Go Green. Tema  kegiatan penanaman seribu pohon kali ini adalah “Meningkatkan Peran IAIN Surakarta dalam Mengatasi Pencemaran Udara dan Pemanasan Global serta Memelihara Lingkungan Hidup”.  Pe-launching-an go green ini di hadiri oleh berbagai civitas akademika seperti perwakilan UKK Kopma, UKK Racana, UKM Spekta, UKMI Nurul Ilmi, Komunitas Mahasiswa Bidikmisi dan hampir seluruh civitas akademika kampus yang ada turut memenuhi gedung Graha IAIN Surakarta. Selain pemuda-pemudi mahasiswa, berbagai aktivis-aktivis peduli lingkungan yang datang dari luar kampus juga turut andil dalam acara ini. Tanpa terkecuali Bapak Bupati Sukoharjo yang duduk bersanding bersama Gubernur Jawa Tengah di kursi kehormatan.
Kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu cara preventif dini untuk menanggulangi pencemaran udara yang semakin kesini semakin tidak dapat dikendalikan. Faktor yang mempengaruhinya tidak hanya dari kendaraan yang mulai merajalela jalan raya, akan tetapi pembangunan gedung-gedung industri baru, juga memaksakan hilangnya penghijauan oleh penebangan-penebangan. Seyogyanya memang, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menghimbau kepada kita semua untuk menanam pohon sebanyak 25 pohon setiap individu selama hidupnya dan berlaku bagi seluruh penduduk Indonesia khususnya masyarakat Jawa Tengah. Hal tersebut tidak lain, untuk mewujudkan Nusantara yang ijo royo-royo dan gemah ripah loh jinawi. Sebagaimana hal tersebut, telah dituturkan oleh beliau  pada pemberian sambutan Gubernur Jawa Tengah di event go green ini.
Launching Go Green Campus IAIN Surakarta dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan menanam sebatang pohon di depan Gedung Entrepreneur IAIN Surakarta dan disaksikan oleh civitas akademika kampus serta aktivis-aktivis lain yang hadir dalam pembukaan ini. Penanam pohon secara simbolis tersebut menandakan dimulainya penanaman 999 pohon yang lain oleh para aktivis baik mahasiswa maupun lainnya. Dan rencananya pohon-pohon tersebut akan disebar-luaskan ke penjuru-penjuru kampus dan sekitarnya.           
(Mokhammad Fadhil Musyafa | Kopmedia)
  
    

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

DIKMENKOP JATENG-DIY