Seminar Nasional Perkoperasian


Jum'at, 10 Oktober 2014. Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta menggelar kegiatan Seminar Nasional Perkoperasian. Dengan mengangkat tema, "Bersinergi Bersama Koperasi Dalam Membangun Usaha Mikro Kecil Menengah".
Seminar yang menghadirkan pembicara Pengamat dan Aktivis Perkoperasian Nasional, Suroto dan pengusaha Batik Doyohadi, Ade Roma Doyoatmodjo dari HIPMI Jateng ini diikuti lebih dari 500 mahasiswa IAIN.
Pada kesempatan itu, Wakil Rektor III IAIN Surakarta, M. Rahmawan Arifin mengemukakan, semangat untuk berwirausaha dan berkoperasi dikalangan mahasiswa diharapkan dapat menjadi gaya hidup. Yang dimaksud gaya hidup mahasiwa wirausaha adalah gaya hidup yang produktif yang penuh dengan ide kreatif dalam melihat setiap peluang yang ada.





Sementara, Suroto mengemukakan, ideologi koperasi menaruh visi sosial diatas perusahaan, mengikuti rasionalitas bisnis tapi tidak profit-oriented, berorientasi pada pemberdayaan bukan karitas, berbasis anggota/orang dan bukan modal material, pengendalian pada kelompok besar dan bekerja dalam sistem pasar. Semakin kuat sistem federasi yang integratif, dan mendistribusikan manfaat ekonomi berdasarkan partisipasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

DIKMENKOP JATENG-DIY