Talkshow Kewirausahaan "Spirit of Global of Young Entrepreneur"

Jumat, 14 Maret 2014 di gedung Pascasarjana IAIN Surakarta diadakan Talkshow dengan tema Spirit of Global of Young Entrepreneur tersebut menghadirkan empat narasumber sekaligus, diantaranya adalah Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM RI - Prakoso Budi Susetyo, SE, MM, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Solo Raya - Ade Roma Doyoatmojo, praktisi wirausaha sukses - Bambang Hermanto dan Ketua Lembaga Pendidikan Profesi dan Kewirausahaan (LP2K) IAIN Surakarta - Drs. Rohmat MP Ph.D.

Talkshow Kewirausahaan

Acara yang disambut oleh Rektor yang diwakili Wakil Rektor II M Rahmawan M.Si itu dihadiri oleh sejumlah delegasi dari mahasiswa yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Koperasi Mahasiswa (KOPMA) dari berbagai universitas yang ada di wilayah Jawa Tengah dan DIY serta beberapa delegasi dari beberapa UKM IAIN Surakarta lainnya. Talkshow yang dimulai sejak pukul 16.00 – 17.00 WIB itu memberikan berbagai motivasi tentang bagaimana menjadi seorang wirausaha muda yang baik dan kreatif serta kiat-kiat untuk menjadi wirausaha yang sukses di dunia dan  di akhirat. Dalam talkshow tersebut juga dijelaskan tentang betapa pentingnya memaknai suatu kegagalan, dan pentingnya sebuah kejelian dalam memilih jenis usaha yang berpotensi memiliki peminat yang besar serta disarankan untuk seorang wirausaha pemula, untuk sebaiknya memilih usaha di sektor jasa, karena hal itu tidak memberikan resiko yang terlalu besar serta tidak mudah menggugurkan semangat.
Pembicara dan Peserta Talkshow foto bersama
Seperti salah satu motivasi yang disampaikan oleh Deputi Bidang SDM Kementrian Koperasi dan UKM RI, bahwa sejatinya wirausaha adalah tidak bekerja untuk orang lain, melainkan menjadi bos untuk diri sendiri. Selain itu ia pun menyampaikan adanya anggaran dana sebesar Rp 150 juta bagi wirausahawan pemula yang ingin memulai usahanya. Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa namun bagi masyarakat yang berkeinginan untuk memulai usaha dengan mengirimkan proposal untuk kemudian diseleksi.
Pasalnya, talkshow kewirausahaan tersebut merupakan salah satu agenda kementrian koperasi yang merupakan kerjasama antara Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) dengan HGKNPI (Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional Pemuda Indonesia) yang memfasilitasi kegiatan pemuda yang terkait dengan kewirausahaan. “Acara ini merupakan blusukan ke daerah lokal dengan tujuan memberikan kesempatan yang berwujud modal bagi wirausahawan pemula, dan kesempatan untuk mengajukan proposal pada kementrian untuk kemudian diseleksi,” tegas Ketua Koperasi Mahasiswa (KOPMA) IAIN Surakarta - Lutvi Ari Zainal Abidin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

DIKMENKOP JATENG-DIY