Rayakan Ulang Tahun ke 26, KOPMA MB Sukses Gelar Serangkaian Acara KOPMAFEST 2024

Sukoharjo – Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke 26 KOPMA MB menggelar serangkaian acara KOPMAFEST 2024. Tema dari serangkaian acara KOPMAFEST tahun ini yaitu “Transformasi Digital Menuju Generasi Hatta yang Unggul dan Inovatif di Era 5.0”. Serangkaian acara didalamnya yang pertama yaitu lomba bussines plan, kemudian yang kedua ada workshop dan yang ketiga ada bakti sosial. 



        Acara yang pertama yaitu lomba bussines plan yang dilaksanakan pada hari Selasa 14 Mei 2024, bertempat di Aula SBSN lantai 1. Peserta yang lolos dalam final yang pertama dari Universitas Negeri Sebelas Maret dengan bisnisnya yaitu Reuse Me : Tote Bag. Yang kedua dari UIN Salatiga dengan bisnisnya yaitu Easycook. Yang ketiga dari UIN Raden Mas Said Surakarta dengan bisnisnya yaitu UMKM Pro. Juri dalam lomba ini dari civitas akademika UIN Raden Mas Said Surakarta sendiri, yaitu Bu Septi Kurnia Prastiwi, S.E., M.M, Pak Dr. Helmi Haris, S.H.I., M.S.I serta pak Wibowo Isa S.Sos, M.E. Peserta mempresentasikan bisnis yang telah mereka susun, kemudian juri memberikan pertanyaan untuk memberikan penilaian. Pemenang dari lomba bussines plan ini yaitu peserta dari UIN Raden Mas Said Surakarta, pemenang mendapatkan uang pembinaan dan sertifikat.



       Acara yang kedua yaitu workshop dengan tema “Strategi Konten Viral Lewat Media Sosial”. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu 15 Mei 2024 bertempat di Aula SBSN lantai 1. Peserta dalam acara workshop ini bukan hanya dari anggota KOPMA MB saja, melainkan juga dari mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta. Dalam acara ini KOPMA MB turut mengundang UKM dan UKK UIN Raden Mas Said Surakarta dan KOPMA se Solo Raya. Workshop ini merupakan puncak dari serangkaian acara KOPMAFEST 2024. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh anggota KOPMA MB yaitu Dewi. Kemudian dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars KOPMA. Setelah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia yaitu Isa Nufikasari dan ketua umum KOPMA MB 2024 yaitu Miftahul Ismawati Afiddin. Kemudian terdapat penampilan seni tari mangastuti oleh Erika Novianti. Setelah itu terdapat prosesi potong tumpeng sebagai simbolis bertambahnya usia KOPMA MB yang ke 26. Kemudian dilanjut materi yang disampaikan oleh Ahmad Dzaky Mubarak yaitu seorang content creator dan juga pendakwah. Moderator dalam acara ini yaitu Rafiy Aulia Abdillah, demisioner wakil ketua KOPMA MB 2023. Closing statment dari pemateri yaitu “Lebih baik gagal mencoba daripada tidak pernah mencoba sama sekali”. Acara ditutup dengan prakata dari pengawas yaitu Fatimah Novianti “Berani melaksanakan, berani menjadi influencer, jangan hanya niat saja”. Kemudian dilanjut foto bersama untuk kenang kenangan.



Acara yang terakhir yaitu bakti sosial dengan tema “Satu Langkah Kecil dengan Semangat Berbagi di Transformasi Digital”. Bakti sosial dilaksanakan pada hari Minggu 19 Mei 2024 bertempat di Panti Asuhan LKSA Nur Magfiroh, Laweyan. Terdapat sekitar 30an anak panti yang ikut dalam acara ini. Anak – anak tersebut sangat antusias dan senang sekali saat bermain game bersama dengan panitia KOPMAFEST. Setelah bermain dilanjut makan bersama, beberapa panitia membantu menyuapi anak – anak karena ada yang kesulitan untuk makan sendiri. Setelah makan bersama dilanjut pemberian hadiah kepada beberapa anak yang aktif, mereka terlihat sangat bahagia mendapatkan hadiah. Setelah itu dilanjut pemberian donasi kepada pihak pengurus panti. Kemudian ditutup dengan sesi foto bersama panitia dengan anak – anak panti. 


Author : Anifatul Oktafina

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tahap Pertama Seminar Internal Interpreneurship Class “1”

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

DIKMENKOP JATENG-DIY