Pelatihan SOP Administrasi untuk Anggota Kopma Mahayuning Bawono Tahun 2024


Surakarta, 30 Maret 2024 Bidang Admistrasi Umum pada Koperasi Mahasiswa (KOPMA) Mahayuning Bawono UIN Raden Mas Said Surakarta telah sukses menggelar acara SOP Pelatihan Administrasi pada tanggal 27 Maret 2024 di Kantor Kopma, UIN Raden Mas Said Surakarta. Acara ini sangatlah penting untuk para anggota KOPMA untuk mengetahui ketentuan SOP Administrasi pada KOPMA Mahayuning Bawono UIN Raden Mas Said Surakarta.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia, Najwa Hanifah, serta sambutan dari Ketua Umum Periode 2024, Miftakul Ismawati Afiddin, dan dilanjutkan oleh Pemateri, Gusti Faradila 1.

Pada acara inti, Pemateri menyampaikan materi terkait dalam SOP Administrasi yang terdiri dari Pengertian dari SOP, Kenapa SOP Penting?, Tujuan & Manfaat dari SOP, Kapan SOP Dilakukan?, serta Jenis SOP Administrasi itu sendiri. Dalam SOP Administrasi memiliki tiga jenis SOP, yaitu SOP dalam Surat Menyurat, SOP dalam Sertifikat, & SOP dalam Inventaris. Terdapat pula Standar Operasional Lainnya dalam SOP Administrasi, yaitu Laporan Pelaksanaan Kegiatan, Laporan Pertanggung Jawaban, Keanggotaan, & Kepanitiaan. Setelah materi tersebut telah disampaikan oleh Pemateri, sesi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab & mengerjakan sebuah quiz dari apa yang telah disampaikan oleh Pemateri dalam SOP Administrasi, serta tidak lupa diberikan sebuah hadiah bagi yang memperoleh nilai tertinggi dan orang yang teraktif dalam sesi tanya jawab. Penutup disempurnakan dengan doa bersama & dilanjutkan dengan sesi foto bersama untuk dokumentasi. 

Author : Muhammad Fadhil Arif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

REDEFINISI PERAN ANGGOTA