KOPMA MB Sukses Gelar Bagi Takjil dan Pengajian Di Bulan Ramadhan


BRAVOKOPMA – UKK Koperasi Mahasiswa Mahayuning Bawono sukses menyelenggarakan kegiatan bagi takjil  di area Kartasura dan pengajian di Pendopo Gedung Student Center UIN RMS Surakarta pada (22/03). Kegiatan ini mengusung tema “Menjalin silaturahmi menjadikan Generasi Hatta berkarakter Islami.” Acara ini diberi nama bedug ramadhan yang mana bagian dari program kerja bidang Public Relations.

Dengan Kegiatan Pengajian diikuti 31 peserta dari pengurus, anggota ditambah kedatangan pengawas, dan pembicara dari ketua umum UKM Nurul ‘Ilmi. Kegiatan tersebut dibuka dengan sambutan dari Ketua Panitia yaitu Anifatul Oktafina Fiqriyanti,  dan ketua Umum KOPMA MB Miftakhul Ismawati Afiddin 

Selanjutnya kegiatan kajian di pimpin oleh Chusni Fikri Hidayat dimulai dengan pembukaan, sambutan lalu kajian ya berisi tentang bahwa silaturahmi itu berlandasan dengan hati, dan hati itu lekat atau erat dengan sebuah perkara yang ringan, untuk contoh perkaranya yaitu iman kepada Allah malaikat,  kitab, rasul, dan kepada hari akhir, karena iman itu terletak di hati, dan juga iman bisa menjadi kunci bagi seseorang menentukan apa yang akan dilakukan. Dalam iman juga memiliki dampak pengaruh kepada amal (setiap perbuatan), dan perilaku.

Jadi secara bahasa, silaturahmi berasal dari kata shilah yang berarti hubungan dan rahim yang berarti kerabat.  Rahim sendiri juga berasa dari kata Ar Rahman yang berarti kasih sayang atau kekeluargaan. Hal tersebut disebutkan dalam salah satu hadits, yang artinya: “Bukanlah bersilaturahmi orang membalas kunjungan atau pemberian, tetapi yang bersilaturahmi adalah yang menyambung apa yang putus.” (HR Bukhari). Adapun manfaat dari bersilaturahmi di antaranya: mendekatkan diri kepada Allah SWT, menjaga kerukunan, dijauhkan dari api neraka, menjadi makhluk yang mulia, memperpanjang umur dan melayangkan rezeki, mendapatkan rahmat, masuk surga, menghibur kerabat, menggugurkan dosa, dan memperluas ilmu dan hikmah hidup.

Untuk bagi takjil sendiri juga berjalan lancar yang dimana area pembagian takjil tersebut dilakukan di beberapa titik di Kartasura. Dengan adanya bagi takjil kita dapat menambah pahala dengan membantu memberi makanan kepada orang yang sedang berpuasa. Dengan inilah rasa syukur dan berbagi kepada sesama pada diri manusia menjadi poin untuk meningkatkan nilai kebaikan dalam diri kita. 



Setelah acara pengajian selesai, dilanjutkan dengan sesi buka bersama. Yang mana disini terjadi sedikit sharing session antara para peserta dan menjadi poin untuk lebih mengakrabkan diri antara para peserta dengan saling berbagi cerita disela buka bersama. 



Setelah buka bersama kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama, guna menjadi kenang-kenangan terlaksananya kegiatan bedug ramadhan tahun ini, yang diharapkan akan meningkatkan kembali silaturahmi antara pengurus, dan anggota.

Author : Rahma Afianti Alya Putri


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

REDEFINISI PERAN ANGGOTA