PENDIDIKAN MENENGAH KOPERASI 2018




Mewujudkan Kader Koperasi yang Berkualitas dan Berdedikasi Tinggi
Pada hari jum’at, 13 April 2018 Unit kegiatan Khusus Koperasi Mahasiswa IAIN Surakarta melakukan kegiatan besar yaitu DIKMENKOP (pendidikan menengah koperasi) yang merupakan program kerja dari bidang PSDA (pengembangan sumber daya anggota). Kegiatan DIKMENKOP ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 13-15 April 2018. Hari pertama pada tanggal 13 April 2018, kegiatan dilaksanakan di Graha IAIN Surakarta yang dihadiri 28 anggota, panitia, pengurus, dan pengawas Kopma.
Kegiatan DIKMENKOP pada hari pertama dimulai pukul 09.30 WIB yang di awali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan membaca ayat suci Al Qur’an yang sampaikan oleh sdr.Nurul Ahmad. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars kopma oleh seluruh peserta dan panitia yang dipandu sdri.Dewi sofi sebagai dirigen. Pukul 10.45 WIB kegiatan DIKMENKOP IAIN Surakarta resmi dibuka oleh bpk.Fuad sebagai perwakilan dari rektorat IAIN Surakarta untuk meresmikan kegiatan DIKMENKOP tersebut.
Karena akegiatan dilakukan padahari jum’at maka seluruh peserta maupun panitia melakukan shalat jum’at berjamaah terlebih dahulu di masjid Imam Al Bukhori IAIN Surakarta. Setelah melakukan shalat jum’at dan makan siang, kegiatan dilanjutkan dengan materi pertama DIKMENKOP mengenai “Ruang Lingkup Pengawasan koperasi” yang disampaikan oleh bpk. H.Sumarno,SE.,MM. dari Dinas Koperasi Sukoharjo. Materi ini berisi prinsip-prinsip dalam koperasi, ruang lingkup koperasi, objek pemeriksaan koperasi, SOM dan SOP dalam koperasi. Para peserta antusias mendengarkan materi yang di sampaikan oleh pemateri tersebut karena materi mengenai kepengawasan koperasi ini sangat menarik.
Materi kedua berjudul “Wajah Koperasi Indonesia di Jaman Milenial” yang di sampaikan oleh Dr.Arwan Kostrad Diharto dan di moderatori oleh kak Jimi alumni Kopma IAIN Surakarta. Bapak arwan disini menjelaskan mengenai perkembangan koperasi dari masa dibentuknya sampai sekarang beserta lambang koperasi. Koperasi padaera ini harus berbasis fintek (finansial teknologi) karena perkembangan teknologi semakin canggih, semua orang bisa akses dengan mudah sehingga jika menggunakan model koperasi yang lama maka koperasi akan sulit berkembang.
Materi ketiga berjudul “kepemimpinan dan Manajemen Konflik” oleh bpk. Irfan rahmawan Arifin yang di moderatori oleh sdri.ayuningtyas, pengurus Kopma IAIN Surakarta. Materi ini menjelaskan bahwa kepemimpina lahir dari genetis, sifat, perilaku, situasi, dan transformasi. Selain itu juga disampaikan sifat-sifat kepemimpinan. Sifat kepemimpinan disini mengambil sifat dari KhulafaurRasyidin yaitu Shidiq, Amanah, Fathonah, dan Tabigh, ditambah lagi Saja’ah atau berani. Materi pertama sampai ketiga dilaksanakan di Graha IAIN Surakarta.
Setelah materi ketiga selesai, kegiatan dilanjutkan di Tawang Mangu, Karang Anyar. Para peserta, panitia DIKMENKOP, beserta pengurus Kopma IAIN Surakarta bersama-sama berangkat ke Tawang Mangu dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh panitia, namun ada juga yang memilih mengendarai sepeda motor karena bus tidak muat. Perjalanan ke Tawang Mangu berlangsung sekitar dua setengah jam dari kampus IAIN Surakarta. Dalam perjalanan menuju Tawang Mangu di daerah fly over Karang Anyar diguyur hujan lebat sehingga bus tidak bisa berjalan dengan cepat. Para peserta yang mengendarai bus sangat gembira dibuktikan dengan karaoke didalam bus, bercanda antar peserta, dll.
Sampai di Tawang Mangu peserta langsung menuju Villa yang disediakan panitia yang bernama Villa Wahyu Abadi. Semua peserta langsung menuju kamar masing-masing yang sudah dibagi oleh panitia sebelumnya. Vila cukup luas dengan 10 kamar tidur, setiap kamar tidur berisi 5-6 orang peserta. Peserta laki-laki berada dikamar antai satu dan peserta perempuan berada di kamar lantai dua. Setelah istirahat sebentar dan makan siang, semua peserta berkumpul di aula villa yang berada di lantai dua untuk mengikuti materi DIKMENKOP yang ke empat. Materi ini berjudul “Negosiasi dan Lobbiying” yang disampaikan oleh bpk. Sugiman,SE,.MM. materi keempat selesai dialnjutkan materi kelima tau materi terakhir yang berjudul “ Ideologi dan Jatidiri Koperasi” yang disampaikan oleh bpk.Syarif Hidayat dan dimoderatori oleh kak Abdul Wahid, mantan ketua Kopma tahun 2017. Materi kelima selesai sekitar pukul 19.00 WIB dari jadwal seharusnya selesai pukul 18.00 WIB.
Setelah semua materi DIKMENKOP selesai dilanjutkan pentas seni oleh semua peserta yang sudah dibagi kelompok sebelumnya. Acara pentas seni ini berjalan begitu meriah, semua peserta sangat antusia memerankan peran masing-masing. Ada yang menampilkan drama, ada yang menari, baik tari modern maupun tari tradisional, ada yang menyanyi, dan masih banyak lagi.acara pentas seni selesai pukul 22.00 WIB dilanjutkan dengan renungan malam oleh kak Fajar. Semua peserta mengungkapkan cita-citanya sehingga ada beberapa peserta yang sampai meneteskan air mata. Rangkaian acara pada malam minggu di villa Wahyu Abadi Tawang Mangu di tutup dengan tukar kado antar peserta DIKMENKOP.
Pagi harinya, minggu,15 April 2018 pukul 06.00 WIB semua peserta beserta panitia melakukan senam pagi yang dipandu oleh kak Rachel aulia atau yang akrab dipanggil mbk Hana dan mbk Dewi Sofi. Setelah senam pagi, dilanjutkan sarapan di villa lantai satu. Semua peserta, panitia, dan pengawas sarapan bersama menikmati kebersamaan dan keseruan DIKMENKOP ini. Sarapan selesai dilanjukan dengan kegiatan outbond. Outbond adalah kegiatan inti DIKMENKOP pada hari terakhir karena dengan outbond akan melatih sikap jujur, sabar, kerjasama tim, saling melengkapi satu sama lain dengan permainan-permainana yang harus dilalui peserta outbond. Outbond dilakukan di sepanjang jalan menuju grojogan sewu. Semua peserta sangat antusias. Menikmati setiap permainan dengan gembira. Outbond selesai selanjutnya pengumuman juara dan pembagian hadiah. Pengumuman dan pembagian hadiah dilakukan di aula villa bersamaan dengan penutupan acara DIKMENKOP 2018 Kopma IAIN Surakarta.
Kegiatan DIKMENKOP selesai. Semua peserta dan panitia kembali ke Kampus IAIN Surakarta pukul 14.00 WIB dan sampai di kampus pukul 16.30 WIB. Setelah samapi di kampus selanjutnya peserta kembali ke rumah masing-masing.

-Muhammad Permadi dan Neini A

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RAPAT ANGGOTA LUAR BIASA

Talkshow Kewirausahaan "Spirit of Global of Young Entrepreneur"

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV