JAMBORE KOPERASI NASIONAL




Acara Jambore Koperasi Nasional diselenggarakan oleh Koperasi Mahasiswa UNS bertempat di Student Center UNS serta Taman Balekambang. Acara dimulai pada hari Rabu malam sekitar pukul 20.00 diawali dengan pembukaan. Setelah rangkaian pembukaan, ada perkenalan dari beberapa koperasi mahasiswa (kopma) terkait nama delegasi peserta Jambore. Selanjutnya, ada materi yang berhubungan dengan layanan internet Kopma UNS meliputi cara mendaftar anggota kopma yang tidak ada batasan waktu, cara mengetahui SHU, rekapan pembayaran sp dan sw dll.
Pukul 22.00, kami pun melaksanakan istirahat di Masjid Nurul Huda kampus UNS. Pagi pun tiba, kami menerima sarapan pagi dari panitia untuk di nikmati sebelum melanjutkan aktivitas Seminar Nasional. Selanjutnya kami melakukan serangkaian acara seminar yang mana seminar tersebut bertema “Set your mind be creative pull up your best future” dengan pembicara Hanif selaku perwakilan Dekopin, Wirawan Sujatmiko dari Tapp Market serta Wahyu Lies Sundono Pengusaha Adaideaja.Seusai seminar kami melakukan ishoma dan dilanjutkan Lomba Cerdas Cermat(LCC) dengan rincian lomba tahap pertama dilakukan oleh seluruh Koperasi Mahasiswa se-Indonesia dan tahap berikutnya dilakukan oleh 22 besar Koperasi Mahasiswa se-Indonesia yangmana pada tahap final dilakukan oleh 5 Kopma terbaik. 

Kamis tanggal 6 Oktober 2016 pukul 21.00 peserta diantar ke Balekambang menggunakan bus untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah berupa presentasi dan pembahasan karya tulis. Yangmana pada sesi tersebut terdapat 10 Koperasi Mahasiswa dengan karya terbaik. Pukul 00.00 peserta diperkenankan untuk istirahat. Pukul 05.00 peserta diperkenankan melakukan sholat dan mandi yang dilanjutkan senam pagi. Setelah itu dilanjutkan dengan lomba Duta Koperasi, pada lomba duta koperasi seluruh peserta diwajibkan soal seputar koperasi dan budaya Indonesia. Dari seluruh peserta, diambil 20 peserta dengan rincian 10 peserta putra dan 10peserta putri yang dilanjutkan pada sesi wawancara. Acara berikutnya adalah lomba jinggle oleh 10 kelompok. Pukul 11.30 peserta melakukan sholat jum’at dimasjid sekitar balekambang. Pukul 13.00 peserta melakukan lomba kreasi batik yang diberi waktu 2jam. Hingga pukul 16.00 peserta diperkenankan melakukan ishoma. Dan malam harinya peserta dibawa ke gedung budaya balekambang untuk menyaksikan pemilihan duta koperasi. hingga pukul 00.00 peserta diperkenan kan istirahat.
Sabtu, 8 Oktober 2016 Lomba Jinggle yang dilakukan oleh seluruh peserta. Disana peserta menampilkan bakat menyanyi ataupun mengaransemen suatu lagu hingga pukul 15.00. selanjutkan peserta diberi kebebasan untuk mengexplore taman balekambang. Dan malam harinya adalah pengumuman kejuaraan, yang juga disambut oleh rektor serta perwakilan pemerintahan kota solo. Dan pada puncak acara, pengumuman juara umum lomba jinggle yang dimenangkan oleh Koperasi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia yang juga menjadi tuan rumah JAMKOPMANAS 2017.
Minggu, 9 Oktober 2016 acara penutupan serta keliling kota solo. Mengunjungi beberapa tempat wisata kota solo dan wisata kuliner denga bus. Selanjutnya penutupan yang dilakukan di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendidikan Dasar Koperasi (DIKSARKOP) ke-XV

Pendidikan Menengah Koperasi (DIKMENKOP) KOPMA STAIN Kudus 2015

Milad "Wolulasan" Koperasi Mahasiswa IAIN Surakarta