PENDIDIKAN MENENGAH KOPERASI SE JATENG & DIY DI IAIN PURWOKERTO

Pada hari jum’at tanggal 13 Mei 2016 kami selaku delegasi melakukan pemberangkatan dari stasiun Purwosari menuju Purwokerto dengan jam keberangkatan 13.53 menggunakan kereta api Logawa. Perjalanan kami kira-kira 4 jam tiba di purwokerto jam 18.18 kemudian kami mengginap di salah satu saudara delegartor. Pada hari sabtu tanggal 14 Mei pukul 08.00 kami melakukan perjalanan ke Kampus IAIN Purwokerto dalam perjalanannya kami mampir untuk mencicipi makan khas disana Soto Purwokerto yang berada di jalan Bank kemudian kami melanjutkan perjalanan kembali tiba di Kampus IAIN Purwokerto kami disambut oleh para panitia dari KOPMA Satria Manunggal (KSM) kami tiba pukul 08.30 tepat acara Opening Ceremony. Terdapat sambutan dari Ketua Panitia, ketua KSM, wakil Rektor, dan dari Dinas Koperasi Banyumas. Tepat pukul 09.15 dimulainya materi yang pertama oleh Bapak Muhammad Arsad Dalimunte, SE., Ak mengenai “Koperasi dan Pengembangan Bakat Kewirausahaan Anggota”. Materi tersebut selesai diberikan hingga pukul 13.15 dan dilanjutkan dengan ISHOMA. Kembali materi pada pukul 14.00 menegnai “Manajemen Keuangan dan Permodalan Koperasi” yang disampaikan oleh Bapak H. Kuswandi., SH dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koprasi. Pukul 15.30 ISHO dan dilanjut ke materi ke tiga yakni mengenai “Manajemen Kepengawasan” oleh Pak H. Kuswandi., SH tepat pukul 17.30 kami persiapan ke penginapan yang berada di  kawasan Batu Raden kami para peserta DIKMENKOP diantar dengan Bus Kampus hingga tujuan yang dituju yakni penginapan Villa Indah, setibanya di tempat pengginapan kami melakukan sholat dan pembagian kamar, setiap kamar berisi 3-4 orang dari KOPMA yang berbeda. Kira-kira pukul 20.00 dimulai diskusi mengenai Koperasi Multi Pihak hingga pukul 22.00 kemudian dilanjutkan dengan Pentas pertunjukan dari KMS dan MASTER (salah satu UKM musik yang ada di kampus IAIN Purwokerto). Kembali ke kamar masing-masing pukul 24.00.

Minggu 14 Mei 2016. Hari terakhir DIKMENKOP yang diadakan di IAIN Purwokerto dengan melakukan Out Bond di tempat wisata Batu Raden. Out bond dilakukan pukul 08.00 – 10.00 dengan berbagai permainan yang sudah dipersiapkan dari MAPALA IAIN Purwokerto dari permainan holahop hingga permainan lempar air seluruh peserta DIKMENKOP melakukan dengan antusias. Setelah bermain di kawasan Batu Raden kami kembali ke pengginapan guna persiapan penutupan acara. Penutupan DIKMENKOP dilakukan setelah ISHOMA. Alhamdulillah salah satu dari delegasi kami menjadi peserta terbaik dalam DIKMENKOP yang di adakan oleh IAIN Purwokerto. Setelah rangkaian penutupan berakhir saatnya kembali ke kampus IAIN Purwokerto. Setiba di kampus kami di antar oleh panitia ke stasiun, sebelum ke stasiun kami mampir ke daerah pusat oleh-oleh yang berada di Purwokerto, kemudian melanjutkan perjalanan ke stasiun. Tepat pukul 17.36 kereta Jaka Tingkir yang akan kami naiki datang kemudian kami kembai ke kota asal, Solo. Tiba di purwosari pukul 21.52.